logo

YouTube    Facebook    Twitter
Nama Produk :  
 
   
 
 

Kembali ke halaman sebelumnya
 
03-Nov-2017
Maria Walanda Maramis: Pahlawan Pergerakan Nasional
 
 
Maria Walanda Maramis adalah salah satu pahlawan Indonesia yang telah berperan dalam mengembangkan kondisi perempuan Indonesia di awal abad ke-20. Dia dianugerahi gelar Pahlawan Gerakan Nasional dari pemerintah Indonesia pada tanggal 20 Mei 1969. Sebuah patung telah dibangun di Komo Luar, Wenang, Sulawesi Utara untuk mengenang Maria. Setiap tanggal 1 Desember, masyarakat Minahasa merayakan Hari Ibu Maria Walanda Maramis.

Maria adalah sosok yang dianggap sebagai pendobrak adat kebiasaan, pejuang kemajuan dan emansipasi perempuan di dunia politik dan pendidikan. Menurut Nicholas Graafland, dalam sebuah penerbitan "Nederlandsche Zendeling Genootschap" tahun 1981, Maria dinobatkan sebagai salah satu perempuan teladan Minahasa yang memiliki bakat istimewa untuk menangkap mengenai apapun juga dan untuk mengembangkan daya pikirnya, bersifat mudah menampung pengetahuan, sehingga dia sering lebih maju daripada kaum lelaki.

 

Maria Josephine Catherine Maramis lahir di Kema, Sulawesi Utara, 1 Desember 1872; wafat di Maumbi, Sulawesi Utara, 22 April 1924 pada usia 51 tahun. Orang tuanya adalah Maramis dan Sarah Rotinsulu. Maria adalah anak bungsu dari tiga bersaudara. Kakak perempuannya bernama Antje dan kakak laki-lakinya bernama Andries. Pada saat Maria berusia 6 tahun, kedua orang tuanya meninggal karena sakit. Paman Maria, yaitu Rotinsulu yang waktu itu adalah Hukum Besar di Maumbi, membawa Maria dan saudara-saudaranya ke Maumbi kemudian mengasuh dan membesarkan mereka di sana. Maria beserta kakak perempuannya disekolahkan di Sekolah Melayu di Maumbi yang mengajarkan ilmu dasar seperti membaca dan menulis serta sedikit ilmu pengetahuan dan sejarah. Sekolah ini adalah satu-satunya pendidikan resmi yang diterima oleh Maria dan kakak perempuannya, karena perempuan diharapkan cepat menikah dan mengasuh keluarga. Maria menikah dengan Joseph Frederick Caselung Walanda, seorang guru bahasa, pada tahun 1890. Sejak pernikahannya, Maria lebih dikenal sebagai Maria Walanda Maramis.

Setelah pindah ke Manado, Maria mulai menulis opini di surat kabar setempat yang bernama Tjahaja Siang. Dalam artikel-artikelnya, ia menunjukkan pentingnya peranan ibu dalam keluarga di mana seorang ibu mempunyai kewajiban untuk mengasuh dan menjaga kesehatan anggota-anggota keluarganya. Ibu juga yang memberi pendidikan awal kepada anak-anaknya.

Menyadari wanita-wanita muda saat itu perlu dilengkapi dengan bekal untuk menjalani peranan mereka sebagai pengasuh keluarga, Maria bersama beberapa orang lain mendirikan Percintaan Ibu Kepada Anak Temurunnya (PIKAT) pada tanggal 8 Juli 1917. Tujuan organisasi ini adalah untuk mendidik kaum wanita yang tamat sekolah dasar dalam hal-hal kerumah-tanggaan seperti memasak, menjahit, merawat bayi, pekerjaan tangan, dan sebagainya. Melalui kepemimpinan Maria di dalam PIKAT, organisasi ini bertumbuh dengan dimulainya pembukaan cabang-cabang di Minahasa, seperti di Maumbi, Tondano dan Motoling. Cabang-cabang di Jawa juga terbentuk oleh ibu-ibu setempat, seperti di Batavia, Bogor, Bandung, Cimahi, Magelang dan Surabaya. Pada tanggal 2 Juni 1918, PIKAT membuka sekolah Manado. Maria terus aktif dalam PIKAT sampai akhir hayatnya pada tanggal 22 April 1924.

Pada tahun 1919, sebuah badan perwakilan dibentuk di Minahasa dengan nama Minahasa Raad. Pada awalnya, anggota-anggotanya ditentukan, tetapi pemilihan oleh rakyat direncanakan untuk memilih wakil-wakil rakyat selanjutnya. Maria berusaha supaya wanita juga ikut memilih wakil-wakil yang akan duduk di dalam badan perwakilan tersebut. Usahanya berhasil pada tahun 1921 di mana keputusan datang dari Batavia yang memperbolehkan wanita untuk memberi suara dalam pemilihan anggota-anggota Minahasa Raad.


(Sumber 1; Sumber 2)
 
 
Kembali ke halaman sebelumnya
 
 
OT 203A
OT 110C H02N
PT 920900A
PT 970102AL
SET 907
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Home | About Us | Products | News | Events | Gallery | Support | Download Area | FAQ | Contacts | Sitemap
 
 
developed by it works! studios