logo

YouTube    Facebook    Twitter
Nama Produk :  
 
   
 
 

Kembali ke halaman sebelumnya
 
CMA
Centre for Microcomputer Applications (CMA)
 
 

 Mengapa kita memerlukan Computer Based Experiment atau Data Logger?

 

1. Sekarang kita hidup pada era dengan teknologi digital yang ada pada hampir seluruh aspek kehidupan. Kaum muda sudah terbiasa dengan Komputer, PlayStation, Handphone, DVD Player, dan lainnya yang serba digital. Mengapa tidak dengan demikian juga untuk Pengajaran dan Eksperimen Sains?
2. Kita dapat mengukur besaran fisik untuk waktu yang ekstra singkat (ms) sampai dengan periode yang panjang (jam, hari), yang mana tidak mungkin dilakukan menggunakan peralatan konvensional (karena terlalu cepat sehingga tidak terukur maupun juga terlalu lama sehingga membosankan).
3. Hasil eksperimen yang dapat secara otomatis direkam dan dapat ditampilkan langsung pada layar untuk analisa.
4. Menghemat waktu, sehingga dapat dilakukan lebih banyak pengulangan eksperimen untuk pengambilan data yang lebih baik.
5.

Dengan Computer Based Experiment, sains akan menjadi tidak asing dan lebih menyenangkan.

Mengapa CMA

1. Dikembangkan oleh CMA and Science and Technology Education Resources of the AMSTEL Institute of Universiteit van Amsterdam, Belanda.
2. "Open" system. Sensor dapat menggunakan produk CMA maupun dari vendor lain, seperti Vernier dan TI. Guru/Murid dapat membuat aktivitas eksperimennya sendiri. Kita dapat juga membuat ataupun menggunakan "sensor buatan sendiri" pada sistem ini.
3. Didukung dengan perangkat lunak yang intuitif dan perangkat lunak yang mudah dioperasikan (Coach6), yang dapat digunakan untuk:
  • Pengukuran, dengan berbagai sensor dapat diukur besaran fisik pada eksperimen.
  • Kontrol, untuk mengajarkan sistem kontrol dengan program sederhana untuk mengatur  kontrol input dan kontrol output (CoachLabII+).
  • Eksperimen Video. Dapat dilakukan pengambilan data fisik eksperimen dari tayangan video. Siswa dapat langsung mengambil gambar video dengan web-cam dan melakukan eksperimen.
  • Pemodelan (Modeling). Kita dapat menggunakan fungsi modeling untuk abstraksi percobaan menjadi sebuah model. Kita dapat membuat model dengan abstraksi dan persamaan sederhana. Kita dapat merubah parameter-parameternya untuk melihat efek dan perubahan yang terjadi pada hasil percobaan. Dewasa ini, saintis modern juga menggunakan percobaan dan analisa menggunakan komputer dan modeling untuk eksperimen yang kompleks/rumit.
  • Pengguna dapat melakukan komparasi output secara langsung antara model dengan hasil eksperimen sebenarnya. Fitur ini sangat efektif untuk menyempurnakan model dan parameternya
4. Data hasil eksperimen dapat ditampilkan berupa nilai numerik, grafik, diagram, tabel dan lainnya untuk kemudahan penyajian data.
5. Didukung oleh fungsi “powerful tools” seperti graph tool, fit function, area, FFT, dan lainnya untuk analisa hasil eksperimen.
6. Berbagai sensor dapat dipasangkan pada antarmuka untuk mengukur waktu, cahaya, suhu, gaya, kecepatan, akselerasi, gerak, tekanan, tegangan listrik, pH, konduktivitas, detak jantung, ECG, colorimeter, medan magnet, O2, CO2, Flow rate, dan lainnya.
7. Antarmuka dengan persiapan yang sederhana dengan koneksi USB ke PC. Sensor-sensor dihubungkan dengan antarmuka menggunakan konektor BT. Deteksi Sensor Otomatis (intelligent sensors) memudahkan persiapan eksperimen.
8. Produk CMA dapat dikombinasikan dengan peralatan percobaan yang sudah tersedia pada laboratorium sekolah.

Mengapa Pudak dengan CMA?

1. Pudak Scientific adalah distributor untuk produk CMA di Indonesia. Kami juga memberikan dukungan teksnis kepada pengguna (user) CMA.
2. Pudak Scientific adalah manufaktur peralatan pendidikan yang memiliki jaringan distribusi dan berpengalaman luas dalam penyediaan peralatan sains untuk sekolah-sekolah di Indonesia.
3. Kami menyediakan kegiatan eksperimen CMA dengan peralatan eksperimen (Kit Pudak) yang sesuai dengan kurikulum pendidikan.
4. Kami menyediakan pelatihan untuk guru dalam pengenalan dan penggunaan CMA untuk pengajaran dan eksperimen di ruang kelas.

Untuk Informasi dan Detail mengenai CMA, silahkan hubungi kami.
 
 
Kembali ke halaman sebelumnya
 
 
Products
New Products
Special Offers
Product Package
 

Klik icon dibawah untuk chat langsung dengan staff kami.
     
 

Kami Online Senin - Jumat, pukul 08.00-17.00 WIB. Apabila seluruh staff kami Offline, silakan tinggalkan pesan pada chat box dan kami akan segera menghubungi anda pada jam kerja kami.

 
 
psbk.jpg
 
 
 
 
 
 
Home | About Us | Products | News | Events | Gallery | Support | Download Area | FAQ | Contacts | Sitemap
 
 
developed by it works! studios